fbpx
Sekilas Mengenai Haji Plus dan Haji Furodha

Sekilas Mengenai Haji Plus dan Haji Furodha

Seputar Umroh & Haji | 29 July 2022

Dengan rentang masa tunggu yang semakin panjang bagi jamaah pendaftar haji regular, peminat jalur haji khusus atau disebut juga haji plus dan haji furodha semakin besar.

Haji Khusus atau Haji Plus adalah haji yang diselenggarakan oleh travel haji plus (swasta) Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Haji ini memiliki izin keberangkatan yang legal dan diawasi oleh Kemenag.

Sedangkan yang dimaksud dengan Haji Furoda merupakan haji yang visa hajinya diperoleh melalui undangan dari Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. Undangan ini di luar kuota visa haji yang sudah dijatahkan kepada Kementerian Agama (Kemenag) atau haji non-kuota.

Perbedaan Haji Plus dan Haji Furodha

Untuk masa tunggu keberangkatan dapat disampaikan bahwa haji plus bisa mencapai masa tunggu 5 hingga 8 tahun, karena semua jamaah yang terdaftar secara resmi akan mendapatkan nomor porsi (seperti juga pendaftaran haji regular) yang dapat dicek dan diakses di website kemenag atau aplikasi Haji Pintar, kapan tahun keberangkatannya.

Sedang untuk Haji Furodha, umumnya dapat berangkat pada tahun yang sama dengan tahun mendaftar. Karena itu sering disamakan bahwa haji furodha laksana membeli (membayar) waktu,

Dari segi biaya, juga terdapat perbedaan yang cukup jauh. Haji Plus biasanya hanya meminta DP dulu untuk proses pendaftarannya, senilai $4000, yang akan disetor ke rekening pemerintah. Biasanya diikuti dengan deposit pendaftaran di biro sekitar $500 – $1000. Total biaya keseluruhan mencapai sekitar $11.000.

Untuk haji Furodha, karena berangkat ditahun yang sama, jarang yang mensyaratkan deposit terlebih dulu, melainkan membayar tunai di depan. Besarannya bermacam-macam, biasanya dimulai sekitar $18.000. Namun tetap perlu disampaikan, biaya final (baik haji plus apalagi furodha) merunut biaya-biaya yang timbul saat itu, sesuai aturan dan edaran dari pemerintah dan maskapai.

Dari segi fasilitas (maskapai dan akomodasi hotel/mahtab) sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Namun karena haji Plus diawasi oleh pemerintah dan sudah dipastikan jadwalnya jauh hari, maka fasilitas para jamaah haji plus lebih pasti dan lebih terjamin.

Sedangkan untuk haji Furodha, karena biasanya visa keluar juga dalam hitungan menit, sehingga penyelenggara akan mengupayakan keamanan terbaik untuk jamaahnya. Namun tetap menyesuaikan ketersediaan akomodasi yang dimaksud.

Demikian sekilas mengenai perbedaan haji Plus dan haji Furodha, Insya Allah Dewangga Umroh Solo siap mengakomodasi kebutuhan Anda berhaji, baik dengan haji Plus ataupun melalui haji Furodha.

Halo Dewangga!