fbpx
perbedaan haji dan umrah

Persamaan Serta Perbedaan Haji dan Umrah

Ada beberapa negara di dunia ini yang mempunyai penduduk beragama islam, namun Indonesia menjadi salah satu negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam. Menjadi salah satu negara dengan jumlah islam terbanyak tentu membuat banyaknya orang yang ingin menunaikan ibadah haji atau umrah. Haji dan umrah adalah rukun islam yang harus ditunaikan oleh setiap orang muslim. Namun dalam pelaksanaannya memang ada beberapa kriteria khusus yang dapat digunakan sebagai cara menentukan apakah ibadah tersebut wajib atau tidak. Ulasan kali ini akan membahas mengenai persamaan serta perbedaan haji dan umrah. Tentu saja rukun islam tersebut sangat perlu untuk anda ketahui sehingga anda bisa mempersiapkan lebih awal ketika anda akan melaksanakannya.

Sebelum membahas mengenai persamaan dan perbedaan dari kedua hal tersebut alangkah baiknya jika kita mulai membahas terkait pengertian dari masing – masing rukun islam tersebut. Bagi anda yang pernah menunaikan ibadah haji dan umrah tentu anda sudah paham mengenai perbedaan serta persamaan ketika melaksanakannya. Memperhatikan persamaan dan perbedaan ini tentu menjadi hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Kali ini mari bahas satu per satu mulai dari haji lalu dilanjutnkan dengan umrah.

perbedaan haji dan umrah

Haji merupakan rukun islam urutan ke lima setelah beberapa rukun islam lainnya. Menunaikan ibadah haji ini merupakan sebuah ritual yang mana selalu dilakukan oleh semua umat islam yang ada di seluruh dunia. Rukun islam yang satu ini memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang, namun orang yang diwajibkan untuk menunaikan rukun islam ke lima ini adalah orang yang dianggap sudah mampu. Ibadah haji ini merupakan kegiatan yang menunjungi beberapa tempat dan melaksanakan beberapa kegiatan yang ada di Arab Saudi. Kegiatan haji ini tidak dilaksanakan setiap saat namun dilakukan sekali hanya saat musim haji. Jika dilaksanakan di luar musim haji maka diberi nama umrah, biasanya lebih banyak yang menjalankan umrah dari pada haji.

Ibadah haji biasanya dilaksanakan pada tanggal 8 dzulhijjah, saat dimana para umat islam sedang bermalam di mina. Setelahnya akan dilaksanakan pada tanggal 9 yakni wukuf yang mana para umat islam berada di padang arafah. Kegiatan ini juga akan diakhiri dengan kegiatan lempar jumrah pada tanggal 10. Tanggal 10 ini biasanya juga dikenal dengan hari raya haji yang bersamaan dengan adanya perayaan ibadah haji. Haji pada dasarnya ada beberapa macam, ada haji Tamattu yang mempunyai arti bersenang – senang, Ifrad yang mempunyai arti menyendirikan dari haji ataupun umrah, dan Qiran yang mempunyai arti menggabunkan yakni melaksanakan haji dan umrah. Itulah macam – macam haji yang perlu anda ketahui.

perbedaan haji dan umrah

Umrah biasanya lebih dikenal dengan sebutan haji kecil, kegiatan yang dilaksanakan umrah sedikit berbeda dari haji. Ketika anda menjalankan umrah maka anda akan menemukan kegiatan meliputi thawaf, sa’i, dan tahallul. Kegiatan yang dilaksanakan ini tentu saja sudah sesuai dengan syarat dan berbagai ketentuan di dalam alquran maupun berdasarkan sunah rasul. Haji dan umrah memang mempunyai beberapa perbedaan, namuan perbedaan haji dan umrah ini hanya terdapat dalam perbedaan waktu pelaksanaannya saja. Jika menjalankan haji adalah sebuah kewajiban bagi yang sudah mampu, namun untuk umrah sendiri hanya di sunnahkan saja bagi orang yang menjalankan atau mampu menunaikannya. Namun ada hadis yang menyatakan bahwa umrah juga bisa menjadi wajib ketika seorang islam sudah mampu menunaikannya namun tidak kunjung menunaikan.

Ketika anda ingin menunaikan ibadah umrah maka anda harus memperhatikan syaratnya seperti beragama islam, sudah baliq, mempunyai akal yang sehat, merdeka, dan yang paling penting adalah sudah mampu. Ada beberapa tahapan yang perlu anda ketahui juga mengenai pelaksanaan umrah yang cukup penting untuk anda perhatikan. Walaupun mempunyai beberapa persamaan dengan umrah, namun dengan adanya perbedaan haji dan umrah ini maka akan membuat anda lebih paham mengenai haji dan umrah yang lebih jelas.

perbedaan haji dan umrah

Setelah mengetahui beberapa hal terkait haji dan umrah tentu anda semakin paham persamaan dan juga perbedaan haji dan umrah. Memang sebagian besar menunjukan persamaan, namun tetap ada perbedaan yang membedakan kedua hal tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai persamaan dan perbedaan yang bisa anda temukan.

Persamaan haji dan umrah :

  1. Kedua rukun islam ini sama – sama dilaksanakan di Mekkah dengan mengunjungi Baitullah.
  2. Melaksanakan kedua kegiatan tersebut sama – sama akan mendatangkan pahala bagi orang yang menunaikan. Pahala yang didapatkan dari kegiatan ini tentu sangat menyumbang banyak amal baik yang anda miliki.
  3. Jika anda perhatikan kedua kegiatan ini sama – sama diawali dengan kegiatan berihram.
  4. Ketika akan menjalani kegiatan tersebut maka akan diawali dengan mengambil miqat makani.
  5. Kegiatan yang dilaksanakan antara haji dan umrah sama – sama mempunyai rukun ihram, melakukan tawaf, melakukan sa’I, dan di akhiri dengan melakukan tahalul. Kegiatan tersebut memang akan anda laksanakan baik ketika anda melaksanakan haji maupun umrah.

Perbedaan haji dan umrah :

  1. Tentu saja niat yang diucapkan ketika akan melaksanakan haji dan umrah itu berbeda – beda. Anda tidak bisa menyamakan niat haji sama dengan niat umrah, begitu pula sebaliknya.
  2. Haji hanya dilaksanakan pada bulan dzulhijah dan syawal saja, namun jika akan melaksanakan umrah bisa dilakukan kapan saja. Haji akan dilaksanakan pada musim haji saja, jika anda ingin menjalankan haji kecil maka anda bisa melakukannya kapan saja.
  3. Menunaikan ibadah haji ini ada batasan kuotanya, sedangkan ketika melaksanakan umrah anda tidak akan menemukan batasan kuota.
  4. Kegiatan haji yang tidak ditemukan di umrah adalah adanya wukuf, mait, dan melaksanakan lempar jumrah tidak ada di umrah.
  5. Jika dilihat dari wajibnya maka untuk haji memang dianggap wajib dan umrah hanya disunnahkan bagi orang yang ingin melaksanakannya.

perbedaan haji dan umrah

Itulah beberapa hal mengenai haji dan umrah, jika dilihat dari beberapa sisi memang kedua rukun tersebut sama, namun jika diperhatikan lagi ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan ketika melaksanakannya. Sebagai seorang muslim tentu anda harus mengetahui mengenai haji dan umrah, bagaimanapun kedua hal tersebut merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan pahala.

Jika anda masih merasa bingung dengan perbedaan antara haji dan umrah ini, maka anda bisa mencoba mencari beberapa informasi yang lebih detail mengenai rukun, syarat, dan bahkan pelaksanaan dari masing –masing kegiatan tersebut. Sebagai orang yang sudah mampu untuk menjalankan rukun islam ke lima tentu menjadi hal yang sangat penting bagi anda untuk segera menunaikannya. Itulah beberapa persamaan dan perbedaan yang bisa anda temukan antara haji dan umrah, semoga dengan adanya ulasan ini anda bisa terbantu untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Leave a Comment